Skema Rangkaian Inverter Sederhana


Skema Rangkaian Inverter Sederhana Menggunakan IC Timer 555. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa inverter adalah alat yang digunakan untuk mengubah listrik searah (DC) menjadi listrik bolak-balik (AC). Dalam kehidupan sehari-hari, inverter banyak digunakan sebagai alat bantu untuk membuat energi listrik alternatif.

Misalnya pada sebuah set alat pembangkit listrik tenaga matahari. Inverter digunakan untuk mengkonversi listrik DC yang dihasilkan oleh panel solar cell menjadi listrik AC sehingga bisa digunakan untuk menyalakan berbagai macam peralatan listrik di rumah mulai dari lampu, TV, kulkas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Advertise

KODE IKLAN DI SINI

Safe Link Converter

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc!
Made your link safe to visit.

How to use our tool:

  1. Click on How To Use menu above.
  2. Click on the code and CTRL + C on your keyboard.
  3. Paste the code in your HTML blog theme before the </body>.
  4. Save your HTML blog theme. you are done!
  5. Now, your blog's outbound links was encrypted!

Advertise

KODE IKLAN DI SINI

Your link show here

Advertise

KODE IKLAN DI SINI

Selain itu inverter juga digunakan untuk berbagai macam bidang kehidupan lainnya mulai dari kesehatan, pendidikan, perikanan, hingga peternakan.

Skema Rangkaian Inverter dengan IC Timer 555.

Mungkin sebagian besar dari anda tidak menyangka bahwa IC tersebut bisa digunakan untuk inverter bukan? Padahal sebelum-sebelumnya kita mengira bahwa IC tersebut hanya bisa digunakan untuk membuat rangkaian timer saja.

Rangkaian inverter yang akan kami bagikan ini sangat cocok bagi para pemula mengingat skema nya yang simpel dan tidak memerlukan banyak komponen, terutama dengan komponen dengan harga yang murah. Langsung saja berikut skema rangkaiannya.


Semua daftar komponen yang dibutuhkan bisa anda lihat pada skema di atas. Selain itu anda juga bisa menambahkan switch agar hasilnya lebih maksimal. Berikut skema rangkaian inverter dengan IC timer 555 yang sudah di modifikasi dengan tambahan switch on/off.


Dalam skema rangkaian tadi terlihat penggunaan dua buah transistor, yakni transistor jenis TIP41A dan TIP42A. Sebagian dari anda mungkin masih sedikit asing dengan transistor tersebut. Berikut merupakan susunan kaki dari transistor tersebut agar anda tidak bingung dalam pemasangan nya.


Demikianlah informasi mengenai skema rangkaian inverter simpel dengan IC timer 555. Semoga informasi yang kami share kali ini dapat menginspirasi anda semua para teknisi elektronika pemula (utamanya) agar bisa belajar dan mendapatkan ilmu lebih.